5 Fakta Menarik Mengenai Manga

5 Fakta Menarik Mengenai Manga

5 Fakta Menarik Mengenai Manga – Apakah kamu pecinta komik asal negeri Sakura alias Manga? Apakah kamu juga sudah mengetahui fakta apa saja terkait Manga? Jika belum, yuk simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Manga

Manga berkembang di Jepang pada akhir abad ke-19. Namun ini semua dimulai dari karya seorang pendeta Budha bernama Toba Sojo Kakuyu, di zaman Heian dengan sebutan Choju Giga pada abad ke 12. Pendeta tersebut melukis raut wajah binatang pada gulungan kertas dengan menggunakan kuas.

Pada gulungan yang berukuran 30 cm x 11,5 meter itu, terdapat empat jilid. Di sana terdapat lukisan kelinci, katak dan juga kera yang berperilaku layaknya manusia. Teknik menggambar manga sudah terlihat, di mana terdapat garis yang melukiskan efek suara, juga karakter yang tengah berlari dengan kencang. Tidak hanya itu, efek awan dan kabut yang menandakan peralihan waktu dan ruang, sudah terlihat dengan baik.

Manga di Era Modern

Fakta menarik mengenai manga yang kedua adalah, suksesnya manga di Jepang di tahun 1961, adalah berkat seorang dokter bernama Tezuka Osamu, yang berbakat menjadi seorang animator, komikus, dan juga sebagai produser animasi.

Pria ini telah mengubah dunia manga dengan teknik gambar yang berkualitas dan cerita yang menarik. Selain itu ia juga tercatat sebagai pelopor revolusi visual dengan membuat tayangan animas TV untuk pertama kalinya di Jepang yang berdurasi selama 30 menit.

Jumlah Manga di Jepang

Tahukah kamu berapa banyak manga yang sudah dicetak? One Piece, yang merupakan manga paling terpopuler saat ini sudah mencapai 1000 chapter dan 75 volume. Manga paling laris sepanjang sejarah ini, pertama kali terbit di tahun 1997 dan tidak berhenti hingga saat ini.

Penjualannya telah mencapai lebih dari 340 juta kopi dan ini baru dari satu judul manga. Di jepang banyaknya pohon yang ditebang dikhususkan untuk membuat manga yang jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang tisu toilet.

Manga berikutnya yang paling banyak dibeli adalah Golgo 13 yang sudah dicetak lebih dari 200 juta kali. Dari dua manga saja, sudah bisa kamu bayangkan berapa banyak jumlah manga. Ya, sepertiga buku yang ada di Jepang memang dicetak untuk pembuatan manga.

Pembaca Manga Terbanyak

Fakta menarik mengenai manga berikutnya ternyata, pembaca manga mayoritas adalah kaum perempuan. Dan setiap tahunnya pembaca manga di negara ini akan mengeluarkan setidaknya 30 pound hanya untuk membeli manga.

Beragamnya genre manga, mulai dari sejarah, horo, drama, olahraga, dan lain sebagainya, mampu menyedot pembaca di negara tersebut dari semua kelompok usia.

Negara Terbanyak Pembaca Manga

Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai pembaca manga terbanyak di dunia. Di mana rata-rata satu orang pembaca manga bisa menghabiskan setidaknya tiga manga. Dan menduduki peringkat pertama sebagai pembaca manga terbanyak adalah Findlandia.

Hal ini dikarenakan sistem pendidikan di Findlandia yang menyertakan komik sebagai alat untuk mengajar di sekolah dasar. Ada pun jumlah rata-rata buku yang dibaca oleh satu orang pembacanya mencapai 4 buah buku.

Yang tidak kalah menarik adalah, buku animasi dan kartun yang beredar di seluruh penjuru dunia, 60% nya berasal dari Jepang. Dan manga juga sudah dicetak ke dalam berbagai macam bahasa, selain bahasa Ingris, tentu kamu juga bisa dengan mudah mendapatkannya dalam versi bahasa Indonesia.

Nah, itu dia fakta menarik mengenai manga, sebetulnya masih banyak fakta-fakta lainnya yang belum terungkap. Kamu bisa menemukannya di artikel lainnya.

Kamu Mungkin Juga Suka

Berikan Komentarmu