Kenali Perbedaan Manga, Manhwa, Manhua di Dunia Komik

Kenali Perbedaan Manga, Manhwa, Manhua di Dunia Komik

Ketahuilah bahwa topik yang satu ini menjadi salah satu topik yang sangat menarik untuk kita bahas. Pasalnya dari semua komik pastinya memiliki pembedanya masing – masing walaupun jika dilihat itu sama. Oleh karena itu inilah beberapa hal yang bisa membedakan satu dari yang lainnya supaya tidak membingungkan. Simak ulasannya.

1 . Manga

Ketahuilah bahwa manga adalah komik yang dibuat oleh orang Jepang. Rata – rata setiap manga yang dibuat mempunyai ciri khasnya tersendiri. Mulai dari era ke 19 dari gambarnya mempunyai sejarah yang cukup panjang. Disisi lain manga pun mempunyai berbagai genre mulai dari actuon, comedy, drama, horror dan masih banyak lagi.

Sejak 1950 manga sudah menjadi industri besar di dunia percetakan jepang. Bahkan di tahun 1995, market untuk manga di Jepang sendiri sudah dinilai hingga 6 sampai 7 mirial US dolar. Dengan penjualan sebesar 1,9 miliar buku serta majalah.

Dulu cerita manga dicetak dalam hitam dan putih. Pasalnya hal tersebut karena ketatnya tengat waktu dan untuk bisa menekan biaya cetak supaya lebih murah, namun walaupun demikian ada juga manga yang berwarna dan beredar di masyarakat.

Disisi lain di Jepang sendiri manga yang berseri umumnya akan dipublikasikan di majalah khusus manga. Yang dimana majalah tersebut akan memuat episode bersambung dari banyak judul manga. Kemudian kumpulan episode tersebut nantinya akan dirilis ulang dalam seri tankobon.

Apabila manganya sangat terkenal dan menjadi populer maka judul tersebut nantinya akan di adaptasi menjadi sebuah anime. Akan tetapi beberapa manga justru rilis berdasarkan anime maupun Tv seri yang tadinya sudah ada. Kemudian biasanya manga akan dibaca dari kanan ke kiri.

Contohnya seperti Naruto, One Piece, BlackClover, Doraemon dan masih banyak lagi.

2 . Manhwa

Manhwa sendiri sudah menjadi populer di Korea di tahun 1920. Hal tersebut terjadi pada saat beberapa judul didaptasi menjadi sebuah kartun. Disisi lain popularitasnya meningkat di tahun 1950 sampai 1960. Pada saat itu juga berbagai topik dan juga style gambar yang beredar menjadi pencetus genre baru contohnya seperti sunjeong atau soonjung. Atau jika di Jepang dalah Shojo.

Nah secara umum Manhwa sendiri biasanya akan dicetak berwarna. Namun hanya beberapa saja yang sudah dirilis tanpa menggunakan warna. Beberapa tahun belakangan Manhwa semakin di kenal oleh masyarakat karena beberapa judul yang sangat menarik yaitu Noblesse, Tower of God, Orange Marmaldes dan juga masih banyak lagi.

Bahkan beberapa judul diatas ada yang sudah diadaptasi menjadi anime dan  tidak kalah keren dengan manga yang diadaptasi menjadi anime.

3 . Manhua

Kata tersebut awalnya digunakan untuk menyebut sebuah lukisan China pada abad 18 . selain itu kata tersebut juga menggambarkan karya komik di China. Selain itu juga digital manhua sendiri adalah aliran sendi yang sampai sekarang terus tumbuh di negara tersebut. awalnya manhua sendiri di rilis di media sosial serta beberapa situs aja.

Namun beberapa tahun kebelakang ini, beberapa judul Manhua mempunyai format tersendiri bahkan menggunakan karakter China yang sedaerhana akan tetapi tetap menggunakan karakter tradisional. Bahkan dari sini pun kita bisa membedakan asal daerah dari Manhua tersebut.

Kemudian untuk membaca Manhua itu dari kiri ke kanan sama halnya komik barat. Namun berbeda dengan manhua dari Hongkong dan Taiwan yang dibaca dari kanan ke kiri layaknya manga. Ketahui juga bahwa hampir semua komik China ini dirilis berwarna namun walaupun demikian ada juga yang tidak.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai perbedaan dari Manga, manhwa dan juga Manhua. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi untuk kalian para pecinta komik.

Kamu Mungkin Juga Suka

Berikan Komentarmu