Lebih Baik Anime atau Manga? Ini Penjelasannya

Lebih Baik Anime atau Manga? Ini Penjelasannya

Lebih Baik Anime atau Manga? Ini Penjelasannya – Berada di urutan ketiga setelah Filipina dan El-Savador, Indonesia tercatat sebagai negara yang penduduknya menyukai hal-hal berbau Jepang, terlebih bila sudah dikaitkan dengan anime. Dan untuk kamu yang juga penggemar anime Jepang, juga pastinya mengenal dengan baik istilah Wibu atau Weaboo.

Sebenarnya tidak saja istilah Wibu, masih ada beberapa sebutan lain yang disematkan pada penggemar anime ini. Seperti Otaku, Nijicon, juga Hikikomori yang memiliki tingkatan lebih tinggi. Di mana mereka yang disebut Hikikomori adalah orang-orang yang kurang bahkan tidak pernah berbaur dengan lingkungan sosial. Yang lebih dari sekadar suka dengan anime dan selalu berharap karakter-karakter yang disukai bisa menjadi nyata.

Terlepas dari apa pun sebutan untuk para penggemar anime ataupun manga. Tahukah kamu, apa yang menjadi pembeda antara keduanya? Kemudian mana yang lebih baik anime atau manga, temukan jawabannya.

1. Mana yang Lebih Dulu Update

Anime, dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah animation, sementara di Indonesia disebut juga animasi, akan digambar dengan tangan ataupun komputer. Biasanya anime akan keluar setelah manga diluncurkan terlebih dahulu.

Salah satu tujuannya tentu agar kamu pun lebih tertarik, karena dari manga bisa terwujud berbagai karakter yang dihidupkan, baik melalui film atau video. Selisih terbitnya anime dengan manga juga biasanya cukup jauh. Di mana jadwal rilis masing-masing chapter pada manga terbaru, bisa memakan waktu paling cepat satu minggu atau bisa mencapai satu bulan lamanya.

Sementara anime biasanya akan rilis lebih irit lagi, yaitu satu episode dalam satu minggu di setiap musim. Jadi intinya, jika kamu saat ini bisa melihat anime, maka sudah bisa dipastikan kamu sudah bisa mendapatkan ceritanya di manga. Jadi yang lebih dahulu update adalah manga.

2. Grafis

Jika berbicara lebih baik anime atau manga, jelas keduanya baik karena memiliki sarana yang berbeda. Dan pastinya, juga memiliki penggemar yang juga berbeda. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa grafis dari manga akan lebih bagus bila dibandingkan dengan adaptasinya, yaitu anime.

Manga akan menampilkan grafis yang jauh lebih tajam, hingga penggambaran setiap karakternya akan terasa jauh lebih hidup. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak sekali studio yang membuat anime dengan grafis yang sama baiknya,dan tetap bisa dinikmati.

3. Lebih Lengkap

Detail di setiap manga belum tentu bisa terwujud di anime. Banyak penyebabnya, salah satunya adalah batas waktu pengerjaan masing-masing studio anime. Jadi jika kamu menemukan dialog atau adegan yang lebih singkat, harus pandai memaklumi.

Jadi jika kamu memiliki cukup banyak waktu untuk membaca, maka sebaiknya baca manga agar bisa mendapatkan cerita yang lebih detail. Sementara anime tetap bisa kamu tonton, untuk merealisasikan khayalanmu pada sebuah karakter bergerak.

Dari penjelasan di atas, kamu sudah sudah bisa melihat perbedaan antara kedua. Jadi jika kamu sempat kebingungan menentukan mana yang lebih baik, pastinya sudah tercerahkan. Kini saatnya menentukan manga mana yang akan kamu baca, sambil menunggu anime yang mungkin saja rilis bila penggemar manganya banyak. Dan sebaiknya kamu tidak berharap terlalu banyak, untuk menemukan anime yang pembaca manganya kurang. Karena bisa jadi, anime tersebut tidak akan pernah dibuat.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai mana yang lebih baik anime atau manga. Keduanya sama-sama menghibur dengan cara yang berbeda. Kamu lebih suka mana?

 

 

 

Kamu Mungkin Juga Suka

Berikan Komentarmu