Sutradara Anime Terbaik yang Karyanya Fenomenal

Sutradara Anime Terbaik yang Karyanya Fenomenal

Sutradara Anime Terbaik yang Karyanya Fenomenal – Setiap anime biasanya memiliki sutradara yang mengatur jalanya plot cerita anime. Lebih dikenal sebagai kantoku, atau direktur dalam bahasa Jepang, mereka memiliki tugas yang berat agar plot cerita anime yang mereka buat tetap menarik dan sesuai dengan arahan studio.

Ada banyak sutradara anime di Jepang, khususnya dalam bidang anime dan dikenal secara luas karena membuat anime dengan plot dan tema yang menarik. Beberapa namanya bahkan dikenal dalam kancah internasional karena karena yang mereka buat memiliki keunikan dan identitas sendiri.

Memilih sutradara anime terbaik memang bukan perkara yang mudah, apalagi bagian ini memiliki sisi subyektif yang cukup tinggi. Namun beberapa nama di bawah ini memang terkenal karena mereka membuat anime berkualitas unggulan, sehingga layak mendapatkan gelar sutradara terbaik.

Hayao Miyazaki

Kalau membicarakan anime dalam lingkup global, kamu tentu tidak asing dengan nama Hayao Miyazaki yang tergabung dalam studio Ghibli. Ia merupakan sutradara anime yang cukup berpengaruh, baik di Jepang atau di luar negeri dalam kancah internasional.

Banyak sutradara film animasi besar yang ada di Hollywood seperti animator Pixar, Disney dan perancang game yang menyetujui bahwa ia merupakan sutradara yang brilian. Arahan cerita yang dibuat Hayao memang sederhana, namun sarat dengan pesan moral.

Karena tergabung dalam studio Ghibli, kebanyakan karya Hayao berada di bawah studio tersebut, diantaranya adalah Mononoke Hime, Castle in The Sky, hingga Ponyo. Semua karyanya mendapatkan pujian yang besar dan mendapatkan banyak penghargaan, membuat namanya semakin harum.

Satoshi Kon

Kalau kamu menyukai anime dengan tema dan konsep yang mindblowing, tentu sudah tidak asing dengan nama Satoshi Kon. Meskipun ia sudah meninggal karena kanker pancreas yang dideritanya, namun karya dan namanya terus mendapatkan pujian sampai sekarang. Satoshi Kon bahkan mendapatkan gelar sutradara anime terbaik berkar karya yang telah dibuat.

Diantara karyanya yang cukup terkenal adalah Perfect Blue, Paprika, serta Tokyo Godfather. Banyak sutradara besar dari Hollywood mengakui bahwa karya yang mereka buat merupakan adaptasi atau terinspirasi dari karya Satoshi Kon.

Misalnya Darren Aronofsky, dalam filmnya yang berjudul Black Swan, ia mengatakan bahwa cerita yang ia buat memang terinspirasi dari Perfect Blue buatan Satoshi. Film Paprika buatan Satsohi juga digadang-gadang sebagai film yang menginspirasi Nolan untuk membuat Inception.

Makoto Shinkai

Kalau kamu menyukai anime Your Name yang sempat populer beberapa tahun lalu, tentunya kamu tidak asing dengan nama sutradaranya, Makoto Shinkai. Saat ini, Makoto Shinkai dikatakan merupakan Miyazaki baru dan telah memiliki karya menarik yang cukup fenomenal.

Beberapa karya Shinkai yang terkenal adalah Your Name atau Kimi no Nawa, 5 Centimeter per Second, The Garden of Word, dan masih banyak lagi. Karya terbarunya, yakni Weathering With You bahkan mengalahkan film anime terlaris di Jepang, menduduki peringkat ke-6, mengalahkan Spirited Away milik Ghibli, inilah yang membuatnya menjadi sutradara anime terbaik.

Shinkai juga terkenal karena ia memiliki tekhnik menggambar yang baik dan tidak kalah cantik dengan studio Ghibli. Dikabarkan Shinkai sudah memiliki studio khusus untuk menggarap berbagai proyek anime yang hendak ia buat.

Katsuhiro Otomo

Sebagai seorang sutradara, tidak semua penggemar anime mengetahui nama tersebut dalam karya-karya yang ia buat. Apalagi ia merupakan sutradara yang aktif di tahun 90-an, membuat penggemar anime baru kemungkinan tidak tahu siapa Otomo.

Katsuhiro Otomo merupakan pengarang manga Akira dan Steamboy, yang keduanya diangkat menjadi anime dan ia sendiri juga menyutradarainya. Akira merupakan ikon dari anime Jepang yang membuatnya diterima di kultur pop Barat, bersamaan dengan makin meledaknya genre fiksi ilmiah untuk anime.

Karya Otomo berpengaruh banyak pada mangaka atau sutradara masa kini, salah satunya adalah Masashi Kishimoto, pengarang manga Naruto. Kishimoto mengakui bahwa ia terinspirasi dari Otomo untuk membuat manga yang baik, meskipun Kishimoto tidak mengikuti jejak Otomo sebagai sutradara anime terbaik.

Mamoru Oshii

Ghost in the Shell merupakan karya anime Mamoru Oshii yang paling terkenal, animenya telah memiliki banyak sekuel dan telah diadaptasi oleh Hollywood. Karir Oshii cukup panjang dalam bidang anime dan manga, serta pop kultur Jepang, membuat namanya disegani.

Bahkan film animasi Ghost in The Shell menjadi satu satunya anime ynag masuk dalam festival film Channes dan memenangkan penghargaan Palme d’Or. Inilah yang membuat nama Oshii melejit dan disegani oleh banyak sutradara lain di Barat.

Itulah beberapa sutradara anime terbaik yang bisa kamu tonton karyanya, tentunya untuk mendukung mereka, kamu harus menonton secara legal. Saat ini sudah banyak situs streaming legal yang memberikan akses menonton anime Jepang dari berbagai generasi, cocok untuk kamu tonton di waktu luang.

Kamu Mungkin Juga Suka

Berikan Komentarmu